Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Nabi Adam Alaihis Salam

Sekilas tentang Nabi Adam Alaihis Salam


Nabi Adam Alaihis Salam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah, diciptakan di dalam surga pada akhir hari jumat.

Rosulullaah bersabda:

إن من أفضل أيامكم الجمعة فيه خلق آدم

Artinya: "Sesugguhnya diantara hari yang paling utama adalah hari jum'at, pada hari itu diciptakan Adam Alaihis Salam"

Adapun Sayyidah Hawwa’ (istri Nabi Adam) diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam Alaihis Salam bagian kiri yang paling pendek. Ada pendapat yang mengatakan beliau diberi nama Hawwa’ (حواء) karena diciptakan dari bagian makhluk hidup (حي).

Lalu Allah menjadikan Nabi Adam Alaihis Salam mulia disebabkan ilmu dan memerintahkan Malaikat dan Iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam Alaihis Salam.

Allah berfirman:

وعلم آدم الأسماء كلها

Artinya: "Dan Allah telah  mengajarkan kepada Adam nama benda benda seluruhnya"

Allah berfirman:

وإذ قلنا للملائكة اسجدوا لآدم فسجدوا إلا إبليس

Artinya: "Dan ketika Kami berfirman kepada para malaikat: Sujudlah kalian kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis."

Bukti kerasulan Nabi Adam Alaihis Salam

Nabi Adam Alaihis Salam adalah nabi dan rosul pertama karena tidak ada manusia sebelum Nabi Adam Alaihis Salam itu artinya tidak ada rosul sebelum Nabi Adam Alaihis Salam sedangkan Nabi Adam, istri dan anak anaknya hidup berdasarkan hukum hukum syariat Islam seperti

  • - Tidak boleh bagi seorang laki laki untuk menikahi saudara kembarnya yang satu kandungan dengannya
  • - Tidak boleh membunuh seseorang tanpa hak.

Ini menunjukkan ada hukum syariat yang mereka terapkan yaitu syariat Nabi Adam Alaihis Salam.

Rosulullaah bersabda:

ما من نبي يومئذ آدم فمن سواه إلا تحت لوائي

Artinya: "Tidak ada seorang Nabipun dihari kiamat Adam dan nabi nabi lainnya kecuali dibawah bendera-ku"

Allah berfirman:

إن الله اصطفى آدم ونوحا وآل إبرهيم وآل عمران على العالمين

Artinya: "Sesungguhnya Allaah telah memilih (memuliakan) Adam, Nuh, keturunan Ibrahim dan keturunan ‘Imran atas segala umat (pada masa masing masing)"

Nabi Nuh Alaihis Salam merupakan seorang nabi, begitu pula keturunan Nabi Ibrahim Alaihis Salam yaitu Nabi Ismail dan Nabi Ishaq Alaihimas Salam serta keturunan ‘Imran yaitu Nabi Musa dan Nabi Harun Alaihimass Salam, itu artinya kemuliaan Nabi Adam itu dikarenakan sifat kenabiannya sebangaimana nabi nabi lain yang disebutkan dalam ayat ini.

Ulama telah bersepakat (ijma’) bahwa Nabi Adam adalah nabi dan rosul yang pertama dan perkara ini ma’lum minaddin biddloruroh maka barangsiapa yang mengingkari kenabian Nabi Adam telah keluar dari agama Islam begitu pula yang menentang kerasulannya. Seperti kelompok Wahhabiyyah yang mengingkari kenabian Nabi Adam.

Bentuk Fisik Nabi Adam Alaihis Salam

Nabi Adam diciptakan dengan bentuk manusia yang sempurna dengan wajah yang rupawan setinggi 60 hasta dengan lebar 7 hasta

Rosulullah bersabda:

ما بعث الله نبيا إلا حسن الوجه حسن الصوت وإن نبيكم أحسنهم وجها وأحسنهم صوتا

Artinya: Tidaklah Allah mengutus seorang nabi kecuali dengan wajah yang rupawan dan suara yang indah, dan sesungguhnya nabi kalian (Muhammad) adalah Nabi yang paling rupawan wajahnya dan paling indah suaranya.

Dari sini dapat dipahami kebatilan teori Darwin yang mengatakan bahwa asal mula manusia berasal dari kera kemudian berevolusi hingga berbentuk seperti manusia modern

Allah berfirman:

لقد خلقنا الإنسان في أحسن تقويم

Artinya: Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya.

Maka hendaknya setiap muslim berpegang teguh terhadab kitab Al Quran dan menentang setiap keyakinan ataupun teori yang bertentangan dengan ayat ayat Al Quran, karena Allah telah menjamin kebenaran Al Quran dan menjaganyanya dari segala macam kebatilan.

Tempat diturunkannya Nabi Adam dan Sayyidah Hawa’

Setelah keduanya memakan buah dari pohon yang dilarang oleh Allah karena bisikan Iblis, keduanya diturunkan dari Surga ke bumi, begitu pula Iblis

Allah berfirman

وقلنا اهبطوا بعضكم لبعض عدو

Artinya: Dan kami berfirman turunlah kalian (dari Syurga), sebagian kalian adalah musuh bagi yang lain.

Diriwayatkan bahwa Nabi adam diturunkan di daratan India di gunung Serendib (sekarang bagian dari Srilanka) sedangkan Sayyidah Hawwa' diturunkan di Jeddah, lalu keduanya bertemu ditanah Muzdalifah diantara Makkah dan Arofah, pendapat lain mengatakan keduanya bertemu di tanah Arofah.

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Nabi Adam Alaihis Salam"