Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Lahirnya Nadhom Aqidatul Awam

SEJARAH PENULISAN KITAB AQIDATUL AWAM


Syaikh Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki adalah pengarang dari kitab Nadhom Aqidatul Awam yang sudah menjadi tradisi pesantren untuk para pemula. Beliau dilahirkan di Sibbat Mesir tahun 1205 H dan menempuh pendidikan di Al-Azhar Kairo. Lalu beliau bersama kakaknya pergi ke Makkah dan tinggal di dekat Masjidil Haram. 

Sebab Syaikh Abu Al Fauzi Ahmad bin Muhammad bin Ramadhan Al Hasani dan masyhur dikenal dengan nama Ahmad Al Marzuqi yang dinisbatkan kepada leluhurnya yaitu syaikh Marzuqi Al Kafafiyyi, yaitu seroang dari kalangan madhab maliki. Beliau suatu hari di akhir malam jumat, tanggal 6 Rajab 1258 H, bermimpi bersama sahabat nabi mengelilingi nabi. 

Beliau ditanya oleh Rosululllah Shollallahu Alahi Wasallam, bersabda: "Bacalah Nadhom Tauhid yang barangsiapa yang menghafalnya maka ia masuk syurga!"

Beliau menjawab dengan bertanya: "Nadhom yang bagaimanakah itu wahai rosulullaah?" 

kemudian ditimpali oleh sahabat rosulullah dalam mimpinya itu, dengan berkata: "Dengarkanlah dan simaklah baik-baik dari apa yang disampaikan Rosulullah!"

Kemudian Rosulullah bersabda: 

“قل: ابدأ بسم الله والرحمن”

Kemudian ditirukan oleh Syaikh Ahmad Marzuqi :

“ابدأ بسم الله و الرحمن الخ…”

hingga akhir bait 26. Dan Rasulullah menyimaknya dengan baik. 

Setelah itu beliau bangun, dan beliau seketika hafal dengan lancar di luar kepala apa yang telah disampaikan Rasulullaah dan langsung menulisnya. Ini membuktikan bahwa apa yang telah beliau hafalkan itu masuk kedalam hatinya bukan hanya di kepalanya saja.

Kemudian terjadi mimpi bertemu dengan rosulullah kembali di malam jumat tanggal 28 Dzil Qo'dah 1258 H. Mimpi tersebut di waktu sahur, dan Rosululullah berkata kepadanya: "Bacalah apa yang sudah kamu kumpulkan dan hafalkan nadhom itu!"

Beliau pun membacanya sampai akhir, dan Rosulullah beserta para sahabatnya yang mengelilinginya mengangkat tangannya seraya mengucapkan "Aaamiiin" setelah setiap akhir bait yang dibacanya. Begitu seterusnya diucapkan "Aaamiiin" sampai selesai Syaikh Ahmad Marzuqi membacanya (yaitu selesai sampai bait 26. 

Padahal bait-bait itu bukanlah berisi doa, sedangkan makna aamiin adalah "kabulkanlah ya Allaah". Hal ini berarti ini bait-bait menjadi bukti wasilah atau tawassul agar setiap doa kita agar terijabah. Jadi, nadhom aqidatul awam ini bisa dijadikan tawassul ketika kita berdoa. 

Ketika menghatamkan bacaan bait nadhom aqidatul awam ini, rosulullah berkata kepadanya dengan doa:

وفقك الله تعالى لما يرضيه وقبل منك وبارك عليك وعلى المؤمنين ونفع بها العباد آمين

"dan semoga Allah Ta'ala memberi taufiq kepada orang-orang yang mencari ridho Allah dengan nadhom ini yang dibuatmu dan semoga mendapat keberkahan atasmu dan orang-orang mukmin dan semoga menjadi manfaat nadhom ini kepada seluruh hambanya"

Kemudian beliau diminta orang-orang yang melihat nadhom tersebut untuk membacakan nadhoman ini dihadapan orang-orang. Dan Beliau pun memenuhi permintaan mereka dan juga menambahkan 1 bait (sebagai bentuk syukur dan kecintaan kepada Rasulullah) ditambah diluar mimpinya, yaitu:

وكل ما أتى به الرسول # فحقه التسليم والقبول

"Dan setiap apa yang datangnya dengannya dari rosulullah # maka haknya untuk diambil dan di diterima" 

Bait ini adalah bait yang ke 27. dan bait seterusnya sampai bait ke 57 adalah tambahan sendiri dari Syaikh Ahmad Marzuqi di luar mimpinya.

Kitab ini merupakan pegangan dasar setiap umat islam karena mengandung ilmu-ilmu tauhid yang wajib diketahui oleh seluruh umat islam. Oleh sebab itu, kebanyakan pondok pesantren menggunakannya dalam pembelajaran ilmu tauhid, yaitu Allah Ada Tanpa Tempat. 

Untuk anda bisa memesankan kitabnya bisa di sini. Syarah Aqidatul Awam.

Apa yang sudah saya terangkan diatas yang berasal dari kitab Ghayatul maram fi hal mandhumati aqidatil awam. Keterangan dari kitab tersebut juga ada di kitab Nurudz Dzolam yang ditulis oleh Syaikh Nawawi Al Bantani. Syaikh Nawawi Al Bantani ini disebutkan dalam kitab ghayatul maram adalah titik jangkar ilmu seluruh negara asia. Walaupun Syaikh Nawawi Al Bantani ini berasal dari Negara Indonesia, beliau dikenal sebagai pusat ilmu atau titik jangkar ilmu di seluruh asia.

Syeikh Nawawi Al-Bantani menjelaskan asal-usul Mandzumah Aqidatul Awam ini lewat kitab beliau Nurudz Dzolam. Dikatakan :

(اعلم) أن سبب هذه المنظومة ان الناظم رأى النبي صلى الله عليه وسلم في المنام ، آخر ليلة الجمعة من أول جمعة من شهر رجب سادس يوم حسابا من شهور، سنة ألف ومائتين وثمان وخمسين سنة. واصحابه رضي الله عنهم واقفون حوله . وقال له النبي صلى اللّه عليه وسلم "اقرأ منظومة التوحيد التي من حفظها دخل الجنة ونال المقصود من كل خير وافق الكتاب والسنة" . فقال له : "وما تلك المنظومة يارسول اللّه؟" فقال الأصحاب له : "اسمع من رسول  اللّه ما يقول" . فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  "قل أبدأ باسم الله و الرحمن" فقال : "أبدأ باسم الله و الرحمن الى آخرها" ، وهو قوله:  

"وصحف الخليل والكليم # فيها كلام الحكم العليم"  ورسول الله يسمعه. 

فلما استيقظ من منامه قرأ ما رآه في منامه ، فوجده محفوظا عنده من اوله إلى آخره . ثم لما كانت ليلة الجمعة التي هي ليلة الثامن والعشرين حسابا من شهر ذي القعدة رأى الناظم النبي صلى الله عليه وسلم مرة ثانية وقت السحر في المنام ، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم: "اقرأ ما جمعته أي في قلبك" . فقرأه من اوله إلى آخره وهو واقف بين يديه صلى الله عليه وسلم، واصحابه رضي الله عنهم واقفون حوله يقولون: آمين بعد كل بيت من هذه المنظومة . فلما ختم قراءته قال له النبي صلى الله عليه وسلم: وفقك الله تعالى لما يرضيه وقبل منك ذلك وبارك عليك وعلى المؤمنين ونفع بها العباد آمين  .

ثم سئل الناظم بعد اطلاع الناس على تلك المنظومة ، فأجاب سؤالهم فزاد عليها منظومة من قوله : 

وكل ما أتى به الرسول *** فحقه التسليم والقبول  إلى آخر الكتاب .

نور الظلام على عقيدة العوام ص 2-3

Posting Komentar untuk "Sejarah Lahirnya Nadhom Aqidatul Awam"