Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimana Ruh akan Berada setelah jasad Hancur

Di manakah Ruh akan berada setelah jasad hancur?


Perlu diketahui bahwa Ruh adalah benda yang tidak bisa dipegang oleh tangan, dan tidak ada yang mengetahui Hakikat Ruh itu seperti apa kecuali Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Allah berfirman:

(وَیَسۡألُونَكَ عَنِ ٱلرُّوحِۖ قُلِ ٱلرُّوحُ مِنۡ أَمۡرِ رَبِّی وَمَاۤ أُوتِیتُم مِّنَ ٱلۡعِلۡمِ إِلَّا قَلِیلࣰا)

[Surat Al-Isra' 85]

yang maknanya: "Mereka bertanya kepada engkau wahai Muhammad tentang Ruh, Katakanlah Ruh itu hanya Allah yang tahu Hakikatnya seperti apa, dan saya tidak diberikan ilmu tentang hal tersebut kecuali sedikit."

Ruh adalah makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, sebagian orang-orang yang mengaku ahli tasawuf padahal mereka adalah Shufi gadungan menamakan Allah dengan "Ruh" dan ini adalah penyimpangan dan kekufuran, karena Ruh Adalah makhluk ciptaan Allah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikan kebiasaan bahwa hidup berlangsung pada Malaikat, Manusia atau Jin dan hewan-hewan jika ruh masih terdapat dalam tubuh mereka.

Sebagian yang dianggap tokoh menyalahi dalam hal ini, dia mengatakan bahwa pada hewan-hewan tidak terdapat Ruh, jelas ini adalah pendustaan terhadap Al-Qur'an dan Hadist serta Ijma' para ulama.

Ruh adalah sesuatu yang Baharu, yang berasal dari Tiada, Allah menciptakannya namun Allah Jadikan Ruh tidak Fana.

Seorang mukmin yang bertakwa Jika ia meninggal dan jasadnya hancur sehingga tidak tersisa lagi darinya kecuali ukuran kecil dari tulang ekornya maka setelah itu Ruhnya akan berada di Surga.

Adapun orang yang mati syahid dalam peperangan maka Ruhnya akan langsung naik ke Surga.

Adapun para pelaku maksiat, para pelaku dosa besar daripada orang-orang Muslim yang mereka mati tanpa sempat bertaubat, maka setelah jasad mereka hancur Ruh mereka akan berada di antara langit dan bumi, dan sebagian daripada arwah mereka berada di langit pertama.

Adapun orang yang mati Syahid namun sebelumnya Ia adalah pelaku maksiat maka rohnya juga akan langsung naik ke surga.

Sementara arwahnya orang Kafir setelah jasad mereka hancur akan berada di "Sijjin" tempat yang begitu gelap dan menakutkan yang berada di bumi ke-7, di sana terdapat catatan nama-nama orang kafir, ruhnya akan berada di sana hingga hari kiamat.

Posting Komentar untuk "Dimana Ruh akan Berada setelah jasad Hancur"