Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Terkini dari Tanah Haramain

Pada Pertengahan tahun 2022, pihak pemerintah Arab Saudi memberlakukan sistem aplikasi bagi para jamaah umroh.

Berikut adalah sekilas info terkini dari Haramain yang dikabarkan oleh teman kami, Keluarga Mukhlis Adam dari Aceh.

Madinah :

Untuk masuk ke Raudhah, sekarang diharuskan memakai aplikasi nusuk, biasanya untuk kali pertama akan didaftarkan oleh pihak biro umroh/travel dan semuanya masuk secara kolektif, untuk mendaftar sendiri agak sulit, jika ingin berkali-kali masuk raudhah, ada cara lain yaitu dengan nebeng pada kelompok yang kebetulan sedang antri dengan catatan jika berani. 

Itupuan masih menaruh harapan berbaik hati, seandainya diantara mereka ada yang kurang orang atau ada yang berbaik hati memasukkan kita bareng mereka, ya rezeki. 

Walaupun sudah masuk dengan aplikasi nusuk pada bagian perempuan makam Rasulullah tetap tidak tampak karena ditutupi dengan terpal putih yang biasanya membatasi antara laki-laki dengan perempuan.

Dulu jika kurang puas bisa menyampaikan salam di pelataran diluar, posisi agak dekat dengan dengan kubah hijau yang dibawahnya adalah langsung makam Rasulullah صلى الله عليه وسلم, namun sekarang pelataran belakang makam Rasulullah dipagar berlapis-lapis.
 
Cara lain untuk mengungkap rindu pada Rasulullah bagi perempuan bisa masuk dari pintu 32, dibuka pagi setelah subuh sampai jam 10, dan malam setelah isya, masuk tanpa antrian, tapi tidak langsung ke Raudhah, dapat sampingnya Raudhah. Paling tidak lebih dekat dengan Rasulullah صلى الله عليه وس
Mesjid Nabawi ditutup jam 10 malam.  

Untuk laki-laki lebih mudah, ada waktu-waktu yang buka dan masuk tanpa aplikasi dan mereka langsung bisa melewati depan makam Rasulullah.

Mekkah  :

Untuk masuk ke Ka'bah bagi laki-laki yang tidak mengenakan baju ihram tidak diizinkan untuk masuk. 
Pintu-pintu seringkali ditutup dulu mendekati waktu shalat bahkan terkadang diluar waktu shalat juga ditutup, jadi kalau perempuan mau toilet boleh jadi ketika kembali sangat sulit, bahkan sebagian untuk shalat sebelum thawaf juga tiba-tiba ditutup. 

Untuk berfoto di dalam ka'bah lihat-lihat kondisi, ada orang yang hpnya di rebut dan tidak dikembalikan.
 
Semoga manfaat dan tidak menyurutkan langkah untuk ke tanah haram. Tawakkal pada Allah semoga dimudahkan.

Oya cuaca pada bulan November Desember Januari di Madinah lebih dari Mekkah, dinginnya masih tertahankan, yang mau bernagkat jangan lupa dengan persiapan pakaian hangat khususnya

Posting Komentar untuk "Kondisi Terkini dari Tanah Haramain"