Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Nikmat Kubur Yang Akan didapatkan

Kemarin kami sudah menjelaskan apa itu siksa kubur yang sangat dahsyat yang jika orang itu tidak mau beriman maka siksa itu akan terus didapatkan saat di akhirat. yaitu neraka selamanya. 


Lalu Seperti apa itu Nikmat kubur?

Wajib beriman dengan adanya Nikmat dalam kubur seperti dilapangkan kubur tersebut seluas 70 Hasta × 70 Hasta, bagi orang Mukmin yang bertakwa. Juga seperti diterangkannya kuburan dengan cahaya yang menyerupai cahaya bulan di malam purnama. Nikmatnya juga seperti ditampakkannya bagi penghuni kuburan tersebut tempatnya kelak di surga, dua kali setiap harinya, pertama di awal siang dan kedua di akhir siang dan berbagai kenikmatan lainnya seperti terciumnya aroma surga yang Hal itu lebih Nikmat dari seluruh kelezatan dunia.

Dalam sebuah Hadistnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang maknanya:

"Jika telah dikuburkan mayit atau manusia tersebut maka dia akan didatangi oleh dua malaikat berwarna hitam kebiru-biruan, salah satu mereka bernama Munkar dan yang lainnya bernama Nakir, keduanya akan berkata kepada mayit tersebut:

"apa dulu yang kamu katakan terhadap orang yang bernama Muhammad ini?", maka mayat tersebut pun menjawab dengan apa yang diyakini sebelum kematiannya Jika dia seorang Mukmin yang sempurna maka dia akan Menjawab: " Dia (Muhammad) adalah hamba Allah dan utusanNya, saya bersaksi tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusannyanya",

Maka kedua Malaikat tersebut pun akan mengatakan kepadanya:

"Sesungguhnya kami tahu kamu akan memberikan jawaban seperti itu!".

Lalu dilapangkanlah bagi orang tersebut kuburnya seluas 70 hasta × 70 hasta, dan dipenuhi kuburannya dengan cahaya, lalu Dikatakan kepadanya: "Tidurlah! sebagaimana seorang pengantin tidur, tidak akan dibangunkan kecuali oleh orang yang sangat ia cintai (yaitu tidur yang tidak mengalami keresahan dan kesepian), hingga kelak Allah akan membangkitkannya dari tempatnya tersebut." [H.R Ibnu Hibban].

Dan Kenikmatan lainnya daripada sebagian orang kuburannya dilapangkan hingga sejauh mata memandang, sebagaimana hal ini terjadi dengan salah seorang sahabat yang mulia yang bernama Al-'Alaa' bin Al-Hadhrami, beliau ini merupakan salah satu pembesar di kalangan para wali.

Diceritakan bahwa suatu ketika Sahabat ini keluar untuk berjihad fisabilillah dan menjadi komandan Bagi pasukan tersebut. Dalam jihad tersebut terjadi pengejaran oleh Beliau terhadap orang-orang kafir hingga beliau dihadapkan pada lautan, namun beliau tidak mendapatkan perahu karena telah diambil duluan oleh orang-orang kafir yang lari dari peperangan tersebut,

Beliau pun mengucapkan

"بسم الله يا علي يا كريم" 

[Bismillah ya 'Aliy ya Kariim] dan mulai menyeberangi lautan itu, ajaibnya kaki beliau tidak basah, Allah jadikan lautan tersebut bagaikan daratan, sahabat ini pun mengatakan kepada pasukannya lewatilah! lalu mereka pun melewati lautan tersebut dengan mudahnya tanpa mengalami kesulitan, hingga mereka berhasil mengejar musuh dan menang terhadap musuh.

Lalu setelah itu dalam sebuah perjalanan beliau Wafat di suatu daratan, orang-orang yang bersama beliau pun menggali makam untuk sahabat ini karena mereka ingin memuliakan mayat ini, merekapun menyegerakan pemakamannya.

Namun setelah itu mereka melalui suatu tempat dan bertemu seseorang yang merupakan penduduk daerah itu, orang ini mengatakan kepada mereka setelah tahu apa yang terjadi: Siapa yang kalian makamkan di tempat ini? mereka menjawab: ini adalah Al-'Alaa' bin Al-Hadhrami, orang tersebut pun mengatakan Apakah ini balasan yang kalian berikan kepada teman kalian, kalian tinggalkan dia di tanah yang di situ terdapat hewan buas yang akan menggali makam dan memakan jasad yang dikubur di situ!?, mereka pun mengatakan: "tentu tidak kami tidak akan meninggalkannya di sini".

Lalu mereka pun kembali ke makam Sahabat tersebut dan menggalinya, namun mereka tidak mendapati di sana jasadnya, justru yang mereka dapati adalah makam tersebut telah meluas sejauh mata memandang penuh dengan cahaya seluruh dalam makam itu cahaya, Adapun jasad sahabat tersebut tidak mereka jumpai, Allah telah memindahkannya ke tempat yang Allah kehendaki. Subhanallah...

Posting Komentar untuk "Inilah Nikmat Kubur Yang Akan didapatkan"