Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Neraka dan Segala Isinya

 Wajib mengimani bahwa adanya Neraka yaitu (di sebut juga) Jahannam, yang merupakan tempat siksa yang kekal bagi orang-orang Kafir dan akan disiksa juga di dalam Neraka Jahanam sebagian pelaku kemaksiatan dari orang-orang Muslim beberapa waktu, lalu mereka akan keluar darinya dan dimasukkan ke Surga.


Neraka tempatnya berada di bawah bumi yang ketujuh, dan sekarang ini dia telah ada, sudah diciptakan berdasarkan firman Allah:

(أُعِدَّتۡ لِلۡكَافِرِینَ)

[Surat Al-Baqarah 24]

yang maknanya: "telah di siapkan untuk orang-orang Kafir".

Neraka tidak akan punah atau musnah begitu juga penduduknya berdasarkan firman Allah:

(إِنَّ ٱللَّهَ لَعَنَ ٱلۡكَافِرِینَ وَأَعَدَّ لَهُمۡ سَعِیرًا ۝ خَالِدِینَ فِیهَاۤ أَبَدࣰاۖ )

[Surat Al-Ahzab 64 - 65]

yang maknanya: "Sesungguhnya Allah melaknat orang-orang Kafir dan telah menyiapkan kepada mereka Neraka Sa'iir, mereka akan kekal di dalamnya selama-lamanya".

Juga berdasarkan firman Allah:

(وَمَا هُم بِخَارِجِینَ مِنَ ٱلنَّارِ)

[Surat Al-Baqarah 167]

yang maknanya: "Mereka tidak akan pernah keluar dari Neraka".

Dan barang siapa yang mengatakan bahwa Neraka akan musnah dan usai maka ia telah mendustakan Al-Qur'an dan telah jatuh kepada kekufuran.

Juga siksaan Neraka tidak akan diringankan untuk orang-orang kafir seperti Abu Lahab berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

(خَالِدِینَ فِیهَا لَا یُخَفَّفُ عَنۡهُمُ ٱلۡعَذَابُ)

[Surat Al-Baqarah 162]

Yang maknanya: "Mereka kekal di sana selama-lamanya Dan tidak diringankan bagi mereka sedikitpun dari siksaannya".

Allah akan menjadikan tubuh orang Kafir di Neraka sangat besar agar rasa sakit yang ia terima semakin bertambah, tubuhnya akan dijadikan besar hingga gigi gerahamnya saja menjadi seukuran gunung Uhud, dan jarak antara dua pundaknya sejauh perjalanan 3 hari, lalu ketebalan kulitnya mencapai 70 hasta.

Api neraka akan melahapnya sebanyak 70.000 kali setiap harinya, seandainya ukuran tubuhnya seperti saat dahulu dia di dunia niscaya dalam sesaat akan meleleh.

Dan perlu diketahui bahwa orang-orang kafir tidak akan mati di Neraka sehingga mereka istirahat dari siksaan, dan juga tidak akan mengalami kehidupan yang nyaman dan tentram justru mereka selama-lamanya akan berada dalam kepayahan dan siksa luar biasa.

Api Neraka Jahanam akan menghabisi daging dan meremukkan tulang mereka, lalu setelahnya akan menyerang hati mereka, tidak mereka rasakan kesakitan yang lebih dahsyat dan luar biasa dibandingkan dengan rasa sakit yang mereka dapat di dalam hati mereka ketika api Neraka telah menguasainya(menyiksanya).

Allah berfirman 

(ٱلَّتِی تَطَّلِعُ عَلَى ٱلۡأَفۡئدَةِ)

[Surat Al-Humazah 7]

Yang maknanya: "Dan api Neraka yang akan menyiksa dan menguasai hati".

Adapun makanan orang-orang kafir kelak di Neraka jahanam adalah Dharii' yang merupakan pohon dengan tampilan yang sangat tidak enak dipandang oleh mata begitu juga dengan Rasa dan Aromanya Allah berfirman:

(لَّیۡسَ لَهُمۡ طَعَامٌ إِلَّا مِن ضَرِیعࣲ)

[Surat Al-Ghasyiyah 6]

yang maknanya: "mereka akan memakan daripada pohon Dharii'"

Begitu juga penduduk Neraka akan diberikan makanan dari pohon Zaqqum, Allah berfirman:

(إِنَّ شَجَرَتَ ٱلزَّقُّومِ ۝ طَعَامُ ٱلۡأَثِیمِ)

[Surat Ad-Dukhan 43 - 44]

yang maknanya: "Sesungguhnya pohon Az-zaqqum makanan bagi mereka penduduk Neraka".

Dan pohon ini tampilan dan bentukknya sangat buruk sekali serta memiliki aroma yang begitu busuk tidak sanggup untuk dicium.

Adapun minuman penduduk Neraka merupakan air yang paling mendidih sekali, Allah berfirman:

(لَّا یَذُوقُونَ فِیهَا بَرۡدࣰا وَلَا شَرَابًا ۝ إِلَّا حَمِیمࣰا وَغَسَّاقࣰا)

[Surat An-Naba' 24 - 25]

yang maknanya: "Mereka di Neraka Jahanam tidak merasakan air yang sejuk yang lezat untuk diminum, kecuali air yang sangat mendidih sekali, begitu juga yang mereka minum adalah Gassaqa yaitu cairan menjijikkan yang keluar dari kulit penduduk Neraka".

Para Malaikat akan meminumkan mereka minuman-minuman tersebut yang menyebabkan terbelah-belahnya usus mereka, dan pakaian orang kafir adalah terbuat dari neraka.

Dan juga terdapat di Neraka jahanam ular-ular satu ular ukurannya bagaikan sebuah lembah dan juga terdapat di sana kalajengking yang seukuran Bighal (peranakan dari keledai dan kuda), api Neraka tidak berpengaruh bagi Hewan-hewan ini, mereka akan menyengat orang-orang kafir dan menyiksa mereka Sebagai tambahan siksaan selain daripada siksa pedih yang dirasakan di dalam Api Neraka.

Telah diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Muslim, Ahmad, Ibnu Majah dan An-Nasa'i Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu bahwasanya ia berkata telah bersabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam:

"اشتكت النار إلى ربها فقالت يار رب أكل بعضي بعضا فأذن لها بنَفَسَيْن في كل عام نَفَسٍ في الشتاء ونفس في الصيف فهو أشد ما تجدون من الحر وأشد ما تجدون من الزمهرير 

yang maknanya: Api Neraka mengadu kepada Tuhannya ia mengatakan: "Wahai Tuhanku sebagian dari diriku telah memakan sebagian lainnya", sehingga Allah mengizinkan baginya untuk bernafas dua kali setiap tahunnya, Satu di saat musim dingin dan lainnya di saat musim panas maka cuaca panas paling dahsyat yang kalian alami (di dunia) atau cuaca dingin paling dahsyat itu berasal dari api Neraka.

Macam-macam Neraka

Neraka mempunyai tingkatan dan nama-nama neraka. Neraka memiliki 7 pintu dan pintu ini memiliki tingkat-tingkat atau bertingkat. Dimana jarak antara pintu ke pintu itu 700 tahun perjalanan kaki di bumi. Dan setiap pintu mempunyai kelipatan 70 kali lebih kuat (Panas) setiap dari pintunya.

1. Neraka Jahannam

2. Neraka Jahim

3. Neraka Hawiyah

4. Neraka Wail

5. Neraka Sa'ir

6. Neraka Ladha

7. Neraka Saqar

Posting Komentar untuk "Inilah Neraka dan Segala Isinya"