Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Mempercayai Hari Sial

Mempercayai Hari Naas (Sial/Na-as)


Soal: Bolehkah berkeyakinan terhadap hari naas, misalnya hari ketiga atau keempat pada tiap-tiap bulan, sebagaimana tercantum dalam kitab Lathaiful Akhbar?

Jawab: Muktamar memilih pendapat yang tidak membolehkan.

Keterangan, dalam kitab al Fatawa al Haditsiyyah:

وَسُئِلَ نفع الله بِعُلُومِهِ: السُّؤَال عَن النحس والسعد وَعَن الْأَيَّام والليالي الَّتِي تصلح لنَحْو السّفر والانتقال مَا يكون جَوَابه؟ فَأجَاب رَضِي الله عَنهُ: من يسْأَل عَن النحس وَمَا بعده لَا يُجَاب إِلَّا بِالْإِعْرَاضِ عَنهُ وتسفيه مَا فعله وَيبين لَهُ قبحه، وَأَن ذَلِك من سنة الْيَهُود لَا من هدي الْمُسلمين المتوكلين على خالقهم وبارئهم الَّذين لَا يحسبون وعَلى رَبهم يَتَوَكَّلُونَ، وَمَا ينْقل من الْأَيَّام المنقوطة وَنَحْوهَا عَن عَليّ كرم الله وَجهه بَاطِل كذب لَا أصل لَهُ فليحذر من ذَلِك وَالله أعلم.

“Syekh al Haitami ditanya mengenai hari Sial/Na-as dan hari bahagia serta hari-hari dan malam-malam yang baik untuk bepergian dan semacamnya. Beliau menjawab: barangsiapa yang bertanya mengenai hari Sial/Na-as dan seterusnya, maka tidak semestianya dijawab kecuali berpaling darinya dan menganggap bodoh perbuatannya serta menjelaskan keburukannya. Semua itu adalah tradisi orang-orang Yahudi, bukan jalan yang ditempuh oleh kaum Muslimin yang bertawakal kepada Sang Pencipta. Dan apa yang dinukil tentang hari-hari manquthah (hari nestapa?) dari sahabat Ali adalah batil dan dusta serta tidak berdasar sama sekali, maka waspadalah dari itu semua. Wa Allahu a’lam.”

(Keputusan Muktamar Nahdlatul Ulama Ke-3 di Surabaya, 12 Rabiuts Tsani 1347 H/28 September 1928)

Posting Komentar untuk "Bolehkah Mempercayai Hari Sial"