Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara memandikan Jenazah yang hanya ditemukan sebagian anggota Badannya saja?

 Ngaji Soal Jawab Bab Jenazah 20


20. Soal:

Bagaimana jika yang ditemukan dari jenazah seorang Muslim itu hanya sebagian anggota badannya saja; seperti tangannya saja atau kakinya saja atau satu jarinya saja ?

Jawab:

Dalam hal ini, maka tetap diuruskan fardhu kifayahnya pada bagian tubuhnya yang ditemui itu, dimandikan, dibungkus kain kafan, disholatkan atasnya dan dikuburkan di kuburan kaum muslimin.

Ngaji Soal Jawab Bab Jenazah 21

21. Soal:

Bagaimana jika tubuh mayit muslim tidak bisa dimandikan karena kondisi tertentu (misal mengelupas atau membusuk atau lainnya)?

Jawab:

Jika tubuh mayit tidak memungkinkan untuk dimandikan karena mengelupas misalnya atau membusuk, maka ditayammumkan, lalu dikafani, dishalâtkan atasnya dan dikuburkan.

Dan jika mayit tidak bisa dimandikan karena suatu kondisi darurat, maka ditayamumkan sesuai aturan tayamum, yaitu usapkan tanah kering berdebu dengan tangan pentayamum memakai sarung tangan dan diniatkan tayamum di wajah si mayit sampai 3 kali dan kemudian diusapkan ke tangan kanan sampai 3 kali dan kemudian tangan kiri sampai 3 kali. 

Jadi tayamum mayit ini secara langsung, tidak pada pembungkusnya seperti yang dilakukan oleh sebagian orang. Para fuqoha menyebutkan tayamum mayit secara langsung, yakni wajah dan tangannya sebagaimana aturan tayamum yaitu ke anggota yang wajib ditayamumkan.

*Peringatan:*

Tayamum mayit pada pembungkusnya adalah fatwa yang menyalahi para imam fuqoha. Hal itu tidak sah. Mereka yang memberikan fatwa tidak sampai pada derajat ahlu naql. Sehingga tidak layak disebut fuqoha.

Pada zaman dulu, ketika terjadi penyakit thoun, para ulama kebanyakan tetap memandikan jenazah mayit dan juga ketika diambil tayamum pun secara langsung ke badan si mayit, bukan pada pembungkus mayit, karena hal itu tidak sah.

Intaha

Bersambung

Allah Ada Tanpa Tempat

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara memandikan Jenazah yang hanya ditemukan sebagian anggota Badannya saja?"