Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haul Mbah Muruan dan Mbah KH Anwar Imam ke 25

Bandungrejo - Masyarakat Bandungrejo memang memiliki banyak keunikan yang di ekspresikan dalam berbagai hal, salah satunya adalah haul sesepuh Bandungrejo ini yang diselenggarakan tanggal 25-26 Agustus 2022. 

Dalam sebuah studi berbagai keilmuan, masyarakat memiliki berbagai ragam tradisi yang sudah menjadi kebiasaan mereka. Tradisi-tradisi tersebut se-akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tradisi tersebut dapat menjadi bentuk yang paling dapat dilihat ketika terdapat keterpengaruhan tradisi masyarakat terhadap agama. Seperti tradisi Haul, tradisi haul seakan menjadi sebuah keharusan bagi umat Islam Indonesia, tak terkecuali masyarakat yang ada di Desa Bandungrejo, kecamatan Kalinyamat Kabupaten Jepara.


Haul berasal dari bahasa Arab “hawl” yang artinya adalah “tahun”. Sedangkan yang dimaksud dengan perayaan haul sebagaimana yang sering dilaksanakan oleh umat muslim yaitu sebuah peringatan tahunan untuk mengenang jasa seorang ulama atau tokoh yang banyak menginspirasi kehidupan masyarakat, terutama dalam hal agama. 

Haul adalah hampir sama dengan ziarah kubur yang dilakukan untuk mendoakan mayit, haul lebih merupakan tradisi reflektif terhadap sejarah, mereka yang melaksanakan haul mencoba flash-back di kehidupan seorang tokoh yang telah wafat dengan berbagai perjuangan yang dapat menginspirasi dan dapat menjadi pelajaran. 

Seperti tradisi haul yang ada di desa Bandungrejo, Haul ini disebut dengan Haul Mbah Muruan dan KH Anwar Imam serta sesepuh Bandungrejo. Tradisi haul ini merupakan peringatan tahunan untuk mengenang mbah Muruan dan KH Anwar Imam serta sesepuh Bandungrejo.

Acara haul mbah muru'an ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali, tepatnya setiap pada tanggal 28 Muharram di Desa Bandungrejo Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Kegiatan haul ini diisi dengan rangkaian acara Maulidurrosul, Khotmil Qur'an, Tahlilan dan Buka luwur serta Pengajian umum. Kegiatan teknis lainnya adalah kebersihan makam, dan memasang umbul-umbul dan membentuk panitia parkir.


Kegiatan Haul ini dilaksanakan di lapangan samping makam, dan Pengajian Umum ini dihadiri oleh KH Kustur Faiz dari Kudus. Semua kegiatan bertempat di halaman makam wali mbah Muru'an dukuh Kauman Desa Bandungrejo Kecataman Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

Posting Komentar untuk "Haul Mbah Muruan dan Mbah KH Anwar Imam ke 25"