Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum dan Fadhilah Siwak

 Siwak adalah sebuah kayu dari ranting pohon siwak yang digunakan untuk membersihkan gigi atau yang disebut bersikat gigi atau bersiwak.


ما هو السواك؟

هو ءالة تُتَّخذُ من عود الأراك ونحوه من كل خشن يزيل الوسخ في الأسنان

إنَّ الإستياكَ الذي يحبُّه الله يحصُلُ بأغصانِ شَجَرِ الأَراكِ وعُرُوقهِ ويحصلُ بغيرِ ذلك من الأشجارِ التي رائحتُها طَيِّبَةٌ، كُلٌّ سِوَاكٌ، وكُلٌّ يحصُلُ به هذا الثَّوَابُ.

Dalam hal ini, rosulullah hanya menganjurkan untuk bersiwak karena takut akan kewajiban yang ditinggalkan. sebagaimana beliau sabdakan:

قال رسول الله ﷺ لولا أَنْ أَشُقَّ على أُمَّتي لأَمَرتهُمْ بالسِّواكِ مَعَ كُلِّ صلاة

رواه البخاري في صحيحه

"Jika seandainya tidak memberatkan bagi Ummatku, Niscaya Aku (Muhammad) akan Perintahkan ummatku untuk Bersiwak ketika mau sholat"

Masih banyak hadits yang menjelaskan akan keutamaan bersiwak ini; yaitu sebagai berikut: 

وثَبَتَ عَنْ أبي مُوسَى رَضِيَ الله عنه أنه قالدَخَلْتُ على النبيِّ ﷺ وطَرَفُ السِّواكِ على لسانهِ أي أثرُ المِسْواكِ على لسانهِ . رواه البخاريُّ ومسلم

وثَبَتَ عَنْ حُذَيفَةَ رَضِيَ الله عنه أنه قال كان رَسُولُ الله ﷺ إذا قامَ ليتهجَّد يَشُوصُ فاهُ بالسِّواك أي بالمِسْواكِ الذي هو عُودُ الأَراكِ .. رواه البخاريُّ ومسلم

قال رسول الله ﷺ عَشَرَةٌ من السُّنَّةِ: السِّواكُ وقَصُّ الشاربِ والمضمضةُ والاستنشاقُ وتوفيرُ اللِّحيةِ وقَصُّ الأظفارِ ونتفُ الإبطِ والخِتانُ وحَلْقُ العانةِ وغَسْلُ الدُّبُرِسننِ النَّسائيِّ

bersiwak juga disunnahkan dilakukan untuk setiap kegiatan apa saja. termasuk wudlu dan lain sebagainya.

قال رسول الله ﷺ لولا أَنْ أَشُقَّ على أُمَّتي لأَمَرتهُمْ بالسِّواكِ عندَ كُلِّ وُضُوء أيْ بالاستياكِ بالمِسْواكِ عندَ كُلِّ وُضُوء، والمِسْواكُ هو عودُ الأَراك – رواه البخاري

والسواك مستحب في كل حال إلا بعد الزوال للصائم وهو في ثلاثة مواضع أشد استحبابا: عند تغير الفم من أزم وغيره وعند القيام من النوم وعند القيام إلى الصلاة.

Bersiwak (membersihkan gigi menggunakan kayu siwak atau sejenisnya) hukumnya adalah sunnah dalam setiap keadaan dan setiap waktu, kecuali setelah tergelincirnya matahari (waktu dhuhur) bagi orang yang melaksanakan puasa wajib maupun sunnah maka hukumnya adalah makruh (menurut al-Qodhi Abu Syuja'). Adapun menurut Imam Nawawi bersiwak bagi orang yang berpuasa hukumnya tidak makruh baik sebelum tergelincirnya matahari ataupun setelahnya (pendapat ini juga dikemukakan oleh seorang alim fikih abad 14 H yaitu Imam 'Abdullah al-Harary Rohimahullah) . 

Bersiwak sangat disunnahkan dalam 3 keadaan yaitu :

  1. saat berubahnya bau mulut, warnanya atau rasanya yang disebabkan karena diam yang lama, atau meninggalkan makanan atau lainya seperti makan makanan yang baunya menyengat semisal bawang putih dan bawang bombai.
  2. setelah bangun tidur pada malam hari ataupun siang hari meskipun tidak berubah bau mulutnya seperti tidur dalam waktu yang singkat.
  3. hendak melaksanakan shalat fardhu ataupun sunnah , karena diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwasanya sholat 2 rekaat yang didahului dengan bersiwak lebih utama daripada 70 rekaat tanpa didahului dengan bersiwak.

Diantara manfaat dari bersiwak adalah: membersihkan mulut, memutihkan gigi, menjadikan bau mulut terasa wangi, menguatkan gusi, membersihkan tenggorokan, menjadikan orang lebih fashih, meningkatkan kecerdasan, menghilangkan kelembaban, menajamkan penglihatan, menghambat tumbuhnya uban, menjadikan punggung tegap dan lurus, menjadikan musuh ketakutan, memberi asupan gizi bagi orang yang lapar, membuat setan menjadi marah, menjadikan seseorang ingat akan kalimat syahadat pada saat ajal menjemputnya, meningkatkan pahala dan memperoleh ridho dari Allah Subhanahu wa ta'ala. 

ثَبَتَ عن رسول الله ﷺ أنه قال ركعتانِ بسواكٍ أفضلُ من سبعينَ ركعةً بغيرِ سِواك رواه البَزَّارُ ورِجَالُه مُوَثَّقُون .. وقال المُنْذِرِيُّ :” إسنادُه حَسَنٌ ” .. ورَواهُ الحاكمُ أيضًا وصَحَّحَهُ

Bersiwak juga akan memperlancar rejeki sebagaimana perkataan Imam Ali;

رْوَى هذا عن عن عليِّ بنِ أبي طالب رضي الله عنه أنه قال: :” السِّواكُ يَجْلِبُ الرِّزْقَ “

Nabi shallallâhu ‘alayhi wasallam bersabda: 

 السِّواكُ مَطهَرةٌ للفمِ مَرضاةٌ للرَّبِّ (رواه البخاري وغيره)

“Siwak yaitu pembersih mulut dan juga menyebabkan memperoleh ridlo Allâh” (HR. al Bukhâri dan lainnya) 

Nabi shallallâhu ‘alayhi wasallam juga bersabda: 

ركعتانِ بسواكٍ أفضلُ من سبعينَ ركعةً من غيرِ سواكٍ (رواه ابن ماجه وابن حبان وغيرهما)

“Dua roka’at yang disertai dengan bersiwak adalah lebih afdhol dari 70 roka’at tanpa disertai dengan bersiwak“ (H.R. Ibnu Mâjah, Ibnu Hibban dan lainnya) 

Siwak dalam pengertian istilah syara’ maknanya adalah kayu atau semacamnya yang dipakai untuk membersihkan mulut dan gigi. Dan siwak ini adalah alat seperti kayu dan kayu yang paling utama digunakan adalah kayu Arâk (الأَرَاك). 

Disunnahkan bersiwak ketika apa saja termasuk hendak melaksanakan shalat, juga setelah membasuh kedua telapak tangan pada saat wudlu'. Dan ketika akan tayammum, mau membaca al Qur`an, pada saat kondisi gigi menguning atau lama berdiam, ketika akan thawaf dan ketika bangun dari tidur. 

Tata Cara Bersiwak

Disunnahkan bersiwak dengan cara memakai tangan kanan, dan kemudian memulai dari bagian mulut sebelah kanan, lalu dijalankan menuju di langit-langit mulut dengan lembut dan berniat memperoleh kesunnahan atau ridlo Allah. 

Di antara manfaat bersiwak lainnya adalah membantu mengeluarkan huruf-huruf dari makhrajnya dan insya Allah dapat menjadikan seorang muslim mengingat dua kalimat syahadat ketika kematian tiba.

صحابةُ رسولِ الله ﷺ كانوا يستعملونهُ بكَثرة، حتَّى إنهم من كَثْرَةِ استعمالهم للسِّواك، أيْ للمِسْواكِ الذي هو عودُ الأَراك، كانوا يَضَعُونهُ بينَ الأُذُنِ والرَّأْسِ في الجهةِ اليمنى.

قولُه ﷺ: “السِّواكُ مَطْهَرَةٌ للفَمِ” معناه : التَّسَوُّكُ بالمِسْواكِ يُنظِّفُ الفَمَ من الرَّوائحِ الكريهة، والمَلائكةُ يحبُّونَ أنْ يكونَ فَمُ المسلم طَيِّبَ الرَّائحةِ ليسَ فيه رائحةٌ كريهةٌ تُزْعِجُهُمْ، الرَّوائحُ الكريهةُ تُزْعِجُ الملائكةَ، ثمَّ لمَّا قال الرَّسُول ﷺ: “مَرْضَاةٌ للرَّبِّ” فَهِمْنَا أَنَّ الله يحبُّ السِّواكَ . ثمَّ إنَّ الإستياكَ الذي يحبُّه الله يحصُلُ بأغصانِ شَجَرِ الأَراكِ وعُرُوقهِ ويحصلُ بغيرِ ذلك من الأشجارِ التي رائحتُها طَيِّبَةٌ، كُلٌّ سِوَاكٌ، وكُلٌّ يحصُلُ به هذا الثَّوَابُ.

Posting Komentar untuk "Hukum dan Fadhilah Siwak"