Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal Usul dan Manfaat Sholawat Munjiyat

Sudah banyak diketahui ada banyak keutamaan sholawat Munjiyat di kalangan umat islam. Akan tetapi tidak banyak mengetahui dari mana asal usulnya sholawat munjiyat tersebut. 


Sholawat Munjiyat yang berbunyi sebagai berikut:

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Artinya adalah "Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati." 

Setiap sholawat memiliki maziyah (keistimewaan) masing-masing. Banyak sekali bacaan-bacaan sholawat dalam berbagai macam pelafalan dengan penamaan yang berbeda-beda. Salah satu bacaan sholawat yang sering diamalkan dan dibaca adalah Sholawat Munjiyat. Sholawat ini seringkali dibaca saat doa selesai tahlilan di masyarakat nahdliyin.

Arti dari Sholawat Munjiyat sendiri adalah “Sholawat Penyelamat”. Penamaan bacaan shalawat di atas tidak terlepas dari kronologi terciptanya bacaan sholawat tersebut yang berasal dari sebuah peristiwa yang dialami oleh Seorang Arif Billah pemuka Toriqoh Syadziliyyah, yakni Syaikh Musa Ad-dhorir. 

Sebagaimana disampaikan...

وأخبرني الشيخ الصالح موسى الضرير رحمه الله تعالى: أنه ركب في البحر؛ قال: وقامت علينا ريح تسمى: الأقلابية قلَّ من ينجو منها من الغرق، وضج الناس خوفاً من الغرق، قال: فغلبتني عيناي، فنمت، فرأيت النبي صلى الله عليه وآله وسلم وهو يقول: قل لأهل المركب يقولون ألف مرة: "اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ" قال: فاستيقظت، وأعلمت أهل المركب بالرؤيا، فصلينا بها نحو ثلاثمائة مرة؛ ففرج عنا، هذا أو قريب منه، صلى الله عليه وسلم.

Syekh Shalih Musa ad-Dharir rahimahullah mengabarkan kepadaku bahwa beliau mengendarai perahu, lalu berkata: "Badai yang dikenal dengan sebutan Aqlabiyah menyerang kami, sangat sedikit orang yang selamat dari tenggelam sebab badai tersebut." Orang di atas kapal semuanya berteriak karena khawatir akan tenggelam. Lalu aku diserang rasa kantuk, hingga akhirnya aku tertidur. Dalam mimpi Aku melihat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau bersabda: ‘Katakan pada penumpang perahu, agar mereka membaca shalawat berikut 1000x

اللهم صل على سيدنا محمد  ...  إلخ

Lalu, Aku terbangun dan aku beritakan pada penumpang perahu tentang mimpi yang aku alami, kami pun membaca sholawat tersebut, dan ketika mencapai sekitar bilangan 300, badai pun reda,”

Asal usul ini bisa anda baca di kitab "Al-Fajr al-Munir fi as-Shalat ala al-Basyir wa an-Nadzir", hal. 25.

Terkait sholawat Munjiyat ini, beliau Syaikhuna Kyai Said bin Armia juga berpesan kepada para jamaahnya: "Ketika kita sedang dalam kesusahan atau banyak masalah, maka di anjurkan membaca Sholawat Munjiyat sebanyak-banyaknya."

Wallohu A'lam..

Posting Komentar untuk "Asal Usul dan Manfaat Sholawat Munjiyat"