Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Semester Kemenag Karawang Dianggap Menyudutkan NU

WargaNU.com - Ada sebuah kasus baru kemarin di Karawang Jawa Barat, dimana ditemukan soal yang berbunyi demikian:

11. Diantara Orang yang dimurkai Oleh Allaah Ta'ala adalah ....

a. Kelompok Yah*di    c. Kelompok Jahiliyah

b. Kelompok Islam      d. Kelompok "NU"

Penemuan Soal tersebut akhirnya membuat warga NU di Karawang Geram, terutama PCNU Karawang. Dalam teks aslinya sebagai berikut: 

Dari Kasus ini akhirnya terjadi klarifikasi dan menerbitkan surat pernyataan permintaan maaf atas kelalaian tersebut. 

Baiklah.... yang penting sudah selesai urusan. Nah, mari kita kupas dulu dari segi materi soal. 
Di dalam soal disebutkan adalah orang, jadi subjek adalah orang bukan kelompok. artinya hanya individu bukan jamaah. sehingga harus ada jawaban orang juga atau individu juga bukan kelompok atau jamaah. Jika kelompok terdiri dari 3 orang atau lebih. Maka jawabannya adalah tidak ada semua. atau salah semua. ini dilihat dari logika individu dan kelompok. 

Mari kita lihat dari isi jawaban. Disebutkan dalam jawaban adalah pilihan ganda yang menyebutkan kelompok yah*di, kelompok islam, kelompok jahiliyah, dan kelompok "NU". Mari kupas satu per satu.
Kelompok Yahudi adalah sekumpulan orang yang beragama Yah*di. Mereka digolongkan menjadi minal kafirin. sedangkan jawaban kelompok islam adalah sekumpulan orang islam yaitu orang-orang yang beragama islam. Selanjutnya kelompok jahiliyah, Jahiliyah ini mempunyai banyak makna. Bisa kita sebut sebagai orang jahil atau bodoh. atau orang orang di masa jahiliyah. Namun distu tidak disebutkan masa. maka lebih bermakna kepada makna orang orang bodoh. sedangkan orang bodoh ini tidak disebutkan agamanya. jadi masih belum tahu agamanya. 

Nah yang bikin geger di Karawang adalah jawaban d ini. yaitu kelompok "NU". Mungkin bagi si penulis naskah bahwa tidak mungkin si penjawab menjawab pilihan itu, Namun lagi lagi ini adalah kesalahan fatal. Meskipun masih diberi tanda petik dua disana. Kelompok NU ini adalah sama dengan kelompok Islam, namun mempunyai organisasi NU. sehingga kelompok ini yang dimaksud adalah organisasi NU. inilah kesalahannya. Yang bikin geram adalah narasi seolah olah kelompok NU yang dimurkai. padahal tidak demikian. 

Kita kembali ke pertanyaannya lagi. Apakah nyambung dengan soal dan jawaban? jawabnya TIDAK nyambung. kenapa ? 

Karena jawabannya harusnya adalah orang yang tidak beriman kepada Allaah dan RosulNya. alias orang kafir. Lalu kelompok Yah*di tadi? kelompok yahudi jika masih hidup orangnya mempunyai kesempatan untuk masuk islam. hal ini tugas kita sebagai muballigh untuk menyampaikan kepada mereka agar mau masuk islam. sehingga ia meninggal dalam keadaan muslim. Selama masih hidup masih tidak tahu di akhir hidupnya apakah mati kafir atau mati islam. Jika mati kafir maka ia dimurkai oleh Allaah Ta'ala. Jelas ya. 

Lalu kenapa ribut? mungkin pada baper kali ya..... Kata gus dur gitu aja kok repot. 

Namun kejadian ini, ada hikmah dibalik peristiwa. Yang pertama adalah perlunya ngaji bagi kita semua, terutama warga nahdliyin untuk memperdalam ilmu tauhid dan keimanan dengan benar. yaitu meyakini bahwa Allaah ADA TANPA TEMPAT. Allaah Tidak serupa dengan MakhlukNya. Dan Allaah akan memasukkan orang orang yang beriman ke dalam syurga walaupun imannya sebiji zarroh. dan Allaah akan memasukkan orang orang yang kafir ke dalam neraka selama-lamanya. Jadi mari ngaji, kuasai ilmu tauhid dengan benar. kuasai ilmu sifat 20 bagi Allah. 

Di dalam surat pernyataan permintaan maaf menyebutkan bahwa FKDT Karawang bagian dari NU dan akan berkhidmat kepada NU. ini yang perlu dirangkul dengan benar. 

Posting Komentar untuk "Soal Semester Kemenag Karawang Dianggap Menyudutkan NU"