Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pandangan Mata Yang Disertai Dengki atau Kagum

Apa itu Penyakit 'Ain?


Pandangan yang disertai iri & dengki dapat menyebabkan penyakit, bahkan kematian

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " العين حق، ويحضر بها الشيطان وحسد ابن آدم "

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "penyakit 'Ain itu haq adanya, penyakit 'ain itu memang betul-betul ada kata Rasulullah, penyakit ain itu disebabkan oleh setan dan juga disebabkan oleh pandangan mata orang lain kepada kita yang disertai dengan perasaan iri dan dengki yang tertanam di dalam hatinya"

Memperoleh nikmat dari Allah subhanahu wa ta'ala jangan diceritakan kepada sembarang orang, hanya diceritakan saja kepada orang-orang yang terdekat supaya tidak menimbulkan penyakit ain. Tidak semua orang yang mendapatkan cerita mengenai nikmat kita, mereka senang dengan cerita yang kita sampaikan, mereka senang apabila kita menerima nikmat.

Bisa jadi orang yang kita cerita kepadanya mengenai nikmat kita, maka dia akan mungkin merasa iri, mungkin merasa dengki di dalam hatinya, kemudian dia memandang kita dengan pandangan yang Hasad, pandangan yang iri, pandangan yang dengki, maka tiba-tiba saja badan anak kita menjadi panas (demam), karena terkena penyakit ain yang disebabkan karena pandangan mata yang iri, pandangan mata yang hasud pandangan mata yang dengki.

Rasulullah menegaskan di dalam beberapa hadis bahwa sebagian besar kematian manusia itu disebabkan oleh pandangan yang hasud, pandangan yang iri, pandangan yang dengki, disebabkan oleh penyakit 'ain.

Nah Oleh karena itu sekali lagi jangan ceritakan kenikmatan-kenikmatan yang Allah berikan, kenikmatan apapun yang Allah anugerahkan kepada keluarga, jangan diceritakan kembali kepada sembarang orang, jangan diceritakan kepada setiap orang karena saking senangnya.

Ada beberapa pertanyaan yang masuk tentang apa itu Penyakit 'Ain.

Ditulisan ini Insya Allah Alfaqir jelaskan secara terperinci.

Dan ini sangat penting diketahui oleh sahabat semuanya, karena Penyakit 'Ain ini pada hakekatnya lebih dahsyat pengaruhnya dibanding dengan Sihir, namun sangat jarang sekali orang-orang mengetahuinya karena kurangnya pengetahuan dibidang ini.

Penyakit itu ada 3 :

1. Sakit Fisik

الأمراض العضوية

Sakit Fisik adalah penyakit yang menimpa tubuh kasar dari ujung rambut sampai ujung kaki, baik di dalam tubuh maupun diluar tubuh spt penyakit kulit, penyakit jantung, penyakit usus / lambung dan sebagainya.

2. Sakit Jiwa

الأمراض النفسية

Sakit Jiwa adalah penyakit yang menimpa jiwa seseorang sehingga tidak bisa berpikir secara normal, lepas kendali dan dapat menyebabkan hilangnya kepribadian asli. Ini yang disebut penyakit psikis (kejiwaan).

3. Sakit Ruh

الأمراض الروحية

Penyakit Ruhiyah ini bukan karena kuman, virus, bakteri dan juga bukan karena pikiran. Tapi disebabkan oleh gangguan jin setan yg berkolaborasi dengan manusia jahat.

Penyakit Ruhiyah ini terbagi 3 :

1. Kerasukan jin

صرع الجن

Kerasukan jin adalah gangguan jin yg masuk ke dalam tubuh manusia sehingga menyebabkannya kesurupan. Ini disepakati mayoritas ulama sbg sesuatu yang bisa terjadi dan telah terbukti dlm sepanjang sejarah manusia, terkhusus dizaman ini.

2. Sihir

السحر

Sihir adalah gangguan penyakit yang menimpa seseorang disebabkan oleh jin yang dikirim oleh tukang sihir dengan syarat tertentu sebagai buhul untuk menyakiti korbannya. Sihir juga disebut dalam bahasa Nusantara dengan guna-guna, santet, teluh dan sebagainya. Dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit dan gangguan tergantung yang diinginkan oleh pemesannya.

3. 'Ain atau Hasad

العين

'Ain adalah gangguan yang disebabkan oleh pandangan mata hasad atau pandangan mata kagum tanpa diiringi doa dan zikir yg menyebabkan berbagai macam penyakit yang bersifat fisik atau psikis, bahkan kehancuran benda.

Penyakit ini paling banyak menyebabkan kematian sebagaimana sabda Raaulullah Shallallahu Alaihi Wasallam :

أكثر من يموت من أمتي بعد قضاء الله وقدره بالعين

"Kebanyakan orang yang mati dari umatku disebabkan oleh ain setelah qadha dan takdir Allah".

Ini memang nyata bukan isu, bukan hoax dan benar-benar terbukti sebagaimana Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam:

العين حق، ولو كان شيء سابق القدر سبقته العين» (صحيح مسلم)

"Ain itu benar adanya. Dan seandainya ada yang bisa mendahului takdir, niscaya 'ain-lah yang bisa mendahuluinya".

Bentuk penyakit yang ditimbulkan oleh 'Ain sama dengan penyakit medis seperti gangguan fisik, gangguan jiwa dan juga berbentuk kerusakan benda seperti kecelakaan dan sebagainya. Penyakit ain bisa muncul dari orang yang buruk sifat dan perangainya dan juga bisa muncul dari orang yang baik dan Sholeh.

Jadi, penyebab 'ain itu ada 2 :

Kedengkian atau Hasad (الحسد أو الحقد)

Hasad artinya berharap akan hilangnya atau hancurnya kenikmatan dan kebaikan yang ada pada orang lain atau berpindah kepada dirinya. Kalau orang senang dia susah melihatnya dan berharap agar si pemilik kebaikan itu celaka dan sebagainya. Ini sifat yang muncul dr hati atau jiwa yang jahat.

Kekaguman atau Pujian (الإعجاب)

Ketika seorang melihat kebaikan atau kelebihan orang yang dicintainya, kadang terlontar pujian dan sanjungan yang dijadikan setan (jin jahat) sebagai panah untuk menyakiti orang yang dikagumi tersebut sehingga menimbulkan penyakit atau keburukan.

Ketika seorang sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melihat kehalusan dan putihnya kulit sahabat lain, lalu terlontar kekaguman, kontan saat itu juga sahabat yang dipuji jatuh dan mengalami panas tinggi. Ketika mengetahui itu, Nabi mengatakan : 

على ما يقتل أحدكم أخاه؟ إذا رأى أحدكم من أخيه ما يعجبه فليدع له بالبركة

"Atas dasar apa salah seorang kamu ingin membunuh saudaranya? Jika salah seorang kamu melihat sesuatu yg  mengagumkan, maka hendaklah ia mendoakan keberkahan untuknya". (HR. Ibnu Majah).

Dari hadits Nabi ini, kita mengambil beberapa kesimpulan :

1. Pujian atau kekaguman dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

2. Jika melihat sesuatu yang mengagumkan, doakan dengan ucapan :

ما شاء الله Atau بارك الله فيك

Ungkapan atau doa ini sebagai upaya untuk menghindarkan kesempatan setan menyusup dan mengganggu objek yang dipuji.

Upaya agar terhindar dari gangguan penyakit disebabkan 'Ain, antara lain, adalah : Tidak menunjukkan kelebihan dan harta benda kita kepada khalayak ramai. Sebab kita tidak tau sikap orang yang melihat itu. Bisa saja ada yang iri atau dengki atau ada yang memuji tapi tidak mengucapkan do'a diatas.

Salah satu media yang menyebabkan orang kagum adalah foto, tampilan pakaian yang mencolok dan perhiasan. Oleh sebab itu, tidak baik selalu memperlihatkannya dihadapan publik sebagai upaya menghindari hasad, iri dengki atau pujian.

Selalu membaca doa dan zikir yg diajarkan Nabi untuk menghindari 'ain seperti :

أَعُوذُ بكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِن كُلِّ شيطَانٍ وهَامَّةٍ، ومِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Atau :

بسمِ اللَّهِ الَّذي لا يضرُّ معَ اسمِهِ شيءٌ في الأرضِ ولَا في السَّماءِ، وَهوَ السَّميعُ العليمُ

Dan doa perlindungan lainnya. Selalu meruqyah diri sendiri dengan membaca Al-Qur'an, Ratib dan wirid dan doa perlindungan.

CARA MERUQYAH ATAU MENGOBATI 'AIN

Bacakan doa berikut, jika yg terkena ain adalah laki laki maka doanya adalah sebagai berikut :

Jika yg terkena ain pria

اَللَّهُمَّ اَذۡهِبۡ عَنۡهُ حَرَّهَا وَبَرۡدَهَا وَوَصَبَهَا

Jika yg terkena ain wanita

 اَللَّهُمَّ اَذۡهِبۡ عَنۡهَا حَرَّهَا وَبَرۡدَهَا وَوَصَبَهَا

Jika yg terkena ain diri diri sendiri

اَللَّهُمَّ اَذۡهِبۡ عَنِّيۡ حَرَّهَا وَبَرۡدَهَا وَوَصَبَهَا

" Ya Allah hilangkanlah rasa panasku, rasa dinginku dan penyakit dariku " (HR Al Hakim , Isnad sahih)

Membacakan do'a tersebut bisa sambil menyentuh bagian yg sakit atau dadanya dengan tangan kanan jika sesama jenis, untuk diri sendiri atau masih mahrom.

Terus bacakan doa pada orang yg terkena 'Ain :

بِسْمِ اللهِ يُبْرِيْكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيْكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَمِنْ شَرِّ ذِيْ عَيْنٍ

“Dengan nama ALLAH, mudah-mudahan Dia membebaskanmu, dari setiap penyakit, mudah-mudahan Dia akan menyembuhkanmu, melindungimu dari kejahatan orang dengki jika dia mendengki dan dari kejahatan setiap orang yang mempunyai ‘Ain” (HR. Muslim)

Selanjutnya baru bacakan ayat-ayat Ruqyah seperti Al-fatihah, Ayat kursi , Al-Anbiya 69, An-naml 8, Al-mulk 1-4 , Al-Ikhlas , Al-Falaq, An-Nas.

Jika yg terkena ain adalah anak - anak kecil, sebaiknya di tambahkan doa berikut, 

اُعِيۡذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Doa Untuk anak wanita

اُعِيۡذُكِ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Doa untuk 2 anak

اُعِيۡذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Doa untuk ke Banyak anak

اُعِيۡذُكُمۡ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Doa jika Untuk diri sendiri

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang paripurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk ” (HR. Bukhari, no. 3371).

Semoga kita semua terhindar dari Penyakit 'Ain yang disebabkan oleh hasad dan iri orang-orang jahat yang ditunggangi setan dan orang-orang yang kagum tanpa berdoa. Semoga bermanfaat..

Wallahu A'alam..

Posting Komentar untuk "Pandangan Mata Yang Disertai Dengki atau Kagum"