Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu yang di Makruhkan Untuk Melakukan Sholat

WAKTU-WAKTU YANG DIMAKRUHKAN UNTUK MELAKUKAN SHOLAT (MAKRUH TAHRIM) 

(فصل) وخمسة أوقات لا يصلى فيها إلا صلاة لها سبب : بعد صلاة الصبح حتى تطلع الشمس وعند طلوعها حتى تتكامل وترتفع قدر رمح وإذا استوت حتى تزول وبعد صلاة العصر حتى تغرب الشمس وعند الغروب حتى يتكامل غروبها.


Perbedaan antara _makruh tahrim_ dan _makruh tanzih_ adalah bahwasanya _makruh tahrim_ apabila seseorang mengerjakannya, maka ia telah berdosa. Sedangkan _makruh tanzih_ apabila seseorang mengerjakannya, maka ia tidak berdosa.

Ada lima waktu yang dimakruhkan (makruh tahrim) untuk melaksanakan sholat pada waktu tersebut kecuali sholat yang memiliki sebab.

Adakalanya sebab tersebut terjadi sebelum pelaksanaan sholat seperti sholat _fa’itah_ (sholat yang ditinggalkan, baik sholat fardhu atau sunnah). Atau sebab tersebut terjadi bersamaan dengan pelaksanaan sholat seperti sholat gerhana dan sholat _istisqa’._

Adapun sebab yang terjadi setelah pelaksanaan sholat, seperti sholat sunnah _ihram_ dan sholat _istikharah,_ maka dimakruhkan _(makruh tahrim)_ melaksanakan sholat tersebut pada waktu-waktu yang akan dijelaskan berikut ini.

Kelima waktu tersebut adalah :

1) Setelah sholat Subuh. Dan hukum makruh tersebut berlangsung hingga terbitnya matahari.

2) Ketika terbitnya matahari hingga keluar secara sempurna dan naik kira-kira setinggi satu tombak (sekitar tujuh dziro' kurang lebih 336 cm) sesuai dengan pandangan mata.

3) Ketika matahari tepat di tengah-tengah langit hingga bergeser (tergelincir) dari tengah-tengah langit. Kecuali hari _Jum’at,_ maka tidak dimakruhkan melaksanakan sholat di hari _Jum’at_ tepat pada waktu _istiwa’.

Begitu juga daerah tanah _Haram Makkah,_ baik di _Masjidil Haram_ atau tempat yang lainnya, maka tidak dimakruhkan melaksanakan sholat di sana pada waktu-waktu di atas, baik sholat sunnah _thawaf_ ataupun yang lainnya.

4) Setelah melaksanakan sholat Ashar hingga terbenamnya matahari.

5) Ketika terbenamnya matahari, yaitu ketika mendekati terbenam hingga matahari terbenam dengan sempurna.

Posting Komentar untuk "Waktu yang di Makruhkan Untuk Melakukan Sholat"