Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wasiat Terakhir Syekh Abdullah al Harari

Wasiat Terakhir Syekh Abdullah al Harari (Wafat Shubuh Hari Selasa, 2 Ramadhan 1429 H).


Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam atas Rasulullah. 


Berikut Ini wasiat Abdullah bin Muhammad bin Yusuf al-Harari kepada dirinya, keluarganya, orang-orang yang ia cintai, dan segenap murid-muridnya.

Yaitu, 

Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, sebagaimana aku berwasiat dengan ilmu agama, karena ilmu agama adalah sebagai petunjuk kepada kebahagiaan abadi yang tidak ada akhirnya, ilmu agama juga sebagai petunjuk kepada keberuntungan di dunia dan akhirat.

Aku juga berwasiat agar kalian selalu memegang teguh dan mengamalkan Kitab Allah ta’ala dan Sunnah Nabi-Nya. Selalu menetapi madzhab Ahl al-Sunnah wal-Jama'ah, menyebarkannya dan mengajarkannya kepada masyarakat luas, mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran, sebagaimana aku juga berwasiat agar kalian saling mencintai karena Allah dan saling  menasihati karena Allah. Dan saling tolong menolonglah kalian satu sama lain. Janganlah saling bercerai berai,  bermusuhan dan saling membenci. Amalkan lah hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

“Tidaklah sempurna iman salah seorang di antara kalian hingga dia mencintai kebaikan untuk saudaranya sebagaimana dia mencintai kebaikan untuk dirinya.”

Dan janganlah sekali-kali kalian saling bermusuhan dan saling membenci  dan lebih mengutamakan harta daripada akhirat, karena sesungguhnya musuh-musuh agama Islam sedang menunggu kesempatan dan mereka berusaha keras untuk menghancurkan Islam. Karenanya, jadilah kalian seperti yang disabdakan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam :

"Seorang mukmin bagi seorang mukmin lainnya  ibarat sebuah bangunan yang kokoh, yang satu sama lain saling menguatkan."

Aku juga berwasiat agar kalian  membantu saudara-saudara kalian di Jam'iyyah, jadilah kalian penolong bagi mereka dalam kebaikan dan janganlah jadi penolong bagi mereka dalam keburukan.

Bersatulah dan jangan bercerai berai sehingga hilang kekuatan kalian. Siapa pun yang melemahkan solidaritas Jam'iyyah ini atau menjauhkan  orang darinya, maka tinggalkanlah dia, dan ketahuilah bahwa dia sebenarnya sedang memerangi agama Islam. Aku memohon kepada Allah  untuk ku dan untuk kalian perbuatan baik dan akhir yang baik (Husnul Khotimah) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dan semoga doa dan kedamaian dilimpahkan kepada nabi Muhammad dan para sahabatnya.


Wasiat Abdullah bin Muhammad Al Harari.

Posting Komentar untuk "Wasiat Terakhir Syekh Abdullah al Harari"