Katakan Saja Tidak Tahu maka Kau Selamat
AKU TIDAK TAHU ADALAH BAGIAN DARIPADA ILMU
Disebutkan bahwa Al Imam Malik ditanyakan kepadanya 48 pertanyaan, lalu beliau menjawab 32 pertanyaan dengan mengatakan, “Saya tidak tahu”. Ada seseorang yang datang kepada beliau dengan 40 pertanyaan, beliau hanya menjawab 5 pertanyaan saja. Pernah pula beliau ditanya tentang 25 pertanyaan, dan beliau hanya menjawab satu atau dua pertanyaan. Di kesempatan lain beliau ditanya 100 pertanyaan, dan beliau hanya menjawab 5 atau 10 pertanyaan saja. Dan sisanya beliau mengatakan, “Saya tidak tahu”. [1]
وكان يقول: «جُنَّة العالم قوله: لا أدري. فإذا أضاعها أصيبت مقاتله»(2).
Al Imam Malik rahimahullah mengatakan, “Benteng seorang ‘alim adalah perkataan, ‘aku tidak tahu’. Apabilah dia meninggalkannya, maka ceramahnya akan terkena suatu musibah”. [2]
وكان رحمه الله ربما سُئل فتوقَّف، فإذا قال له السائل- وقد جاءه من مسيرة ستَّة أشهر-: أيُّ شيء أقول لأهل بلدي إذا رجعتُ إليهم؟! قال: «تقول لهم: قال مالك: لا أُحْسِن»(3).
Beliau pernah ditanya beberapa pertanyaan, lalu beliau diam. Padahal sang penanya telah mengabiskan waktu enam bulan perjalanan, untuk datang kepada beliau. Lalu orang itu berkata, “Kalau engkau tidak menjawab, apa yang akan kusampaikan kepada masyarakat di kampungku nanti?”. Al Imam Malik mengatakan, “Kau katakan pada mereka; Malik berkata, ‘Aku tidak tahu jawabannya”. [3]
وقال ابن وهب: «لو شئتُ أن أملأ ألواحي من قول مالك: «لا أدري» لفعلتُ»(4).
Ibnu Wahb berkata, “Jika saja aku ingin memenuhi catatanku ini dengan perkataan Al Imam Malik ‘aku tidak tahu’, niscaya akan kulakukan”. [4]
Dari perkatan tersebut, rasanya sulit dicerna di akal. Bagaimana seorang Imam besar, yang telah menyinari bumi ini dengan ilmunya, tidak mengatahui sebagian besar jawaban dari sekian banyak pertanyaan? Apa maksud dari perkataan beliau?
Memang terkadang suatu masalah, perlu disikapi dengan diam karena itu lebih selamat. Dan diam dari suatu masalah ini adalah suatu kesengajaan. Sebagaimana dalam suatu kesempatan, seseorang dari Maroko dititipi orang-orang pertanyaan datang kepada Imam Malik. Imam Malik berkata, “Aku tidak tahu. Di negeri kami tidak pernah dijumpai persoalan-persoalan seperti itu. Dan kami tidak pernah mendengar guru-guru kami berbicara tentang hal itu”[5]. Maka dalam hal ini, diam atas suatu persoalan itu lebih selamat.
Oleh karena itu Al Imam Malik mengatakan,
«إن عندي لأحاديث ما حدَّثت بها قطُّ، ولا سُمعت مني، ولا أحدِّث بها حتى أموت»(6).
“Sesungguhnya aku memiliki banyak persoalan yang tidak pernah kubahas sama sekali. Dan tidak kuperdengarkan kepada orang lain, dan tidak kusampaikan sampai aku mati” [6].
ويقول: «أدركتُ هذه البلدة وإنهم ليكرهون هذا الإكثار الذي فيه اليوم». يريد المسائل(7).
Beliau juga berkata, “Aku mendapati bahwa penduduk negeri ini, dan mereka tidak suka dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan ini”. [7]
Pendapat yang lebih dekat kepada kebenaran –wallahu a’lam, bahwa ketidak-tahuan Imam Malik dan selainnya dari orang-orang sebelum beliau, adalah bukan karena lemahnya mereka dalam ro’yun (berpendapat). Karena kebanyakan orang sangat bisa berbicara dengan pendapatnya masing-masing.
فقد كان مالك رحمه الله يقول: «ينبغي للعالم أن يألف فيما أَشْكل عليه قول: لا أدري؛ فإنه عسى أن يهيَّأ له خير». وقال: «كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إمام المسلمين وسيد العالمين يسأل عن الشيء فلا يجيب حتى يأتيه الوحي». وقال: «الملائكة قد قالت: {لا علم لنا} [البقرة: 32]»(8).
Pernah Al Imam Malik mengatakan, “Seorang Alim hendaknya tidak malu mengatakan ‘tidak tahu’ atas permasalahan yang tidak dia tahu. Dengan begitu semoga dia mendapatkan kebaikan”. Beliau juga berkata, “Adalah Rasulullah ﷺ imamnya kaum muslimin, penghulu para ‘alim ketika ditanya tentang sesuatu, tidak beliau jawab sampai datang wahyu”. Beliau juga berkata, “Para malaikat pun mengatakan, ‘kami tidak memiliki ilmu’ (kecuali yang Engkau ajarkan kepada kami’ QS. Al Baqoroh: 32). [8]
Penegasan dalam persoalan ini adalah kisah Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ketika orang-orang bertaya kepadanya tentang seorang lelaki yang meninggal, sedangkan dia baru menikah dan belum berhubungan badan dengan istrinya, dan juga belum menyebut maharnya. Lalu Ibnu Mas’ud menjawab, “Aku belum pernah ditanya tentang sesuatu sejak aku ditinggal wafat oleh Nabi ﷺ, yang lebih berat dari persoalan ini. Aku tidak pernah mendengarnya dari Nabi ﷺ tentang hal ini sekalipun. Bertanyalah kepada selainku. Apakah kalian mendapati atsar dari selainku?”. Mereka menjawab, “Wahai Abu Abdirrahman, kami tidak mendapatkannya sama sekali”.
Sebulan kemudian mereka dalam keadaan bimbang. Kemudan mereka kembali bertanya kepada Ibnu Mas’ud. Dan beliau pun menjawab, “Aku akan menjawab dengan pendapatku. Jika salah, maka itu dariku dan dari syaithan. Apabila benar, maka itu dari Allah ta’ala”. [9]
وصحَّ عن ابن عمر رضي الله عنهما أنه قال: «العلم ثلاثة: كتاب ناطق، وسنة ماضية، ولا أدري»(10).
Telah shahih dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa beliau berkata, “Ilmu itu tiga, kitab yang berbicara (Al Qur’an), sunnah Nabiﷺ (Hadits) dan perkatan ‘aku tidak tahu”.[10]
وقال رضي الله عنهما لجابر بن زيد: «يا جابر، إنك من فقهاء أهل البصرة، وستستفتى، فلا تفتين إلا بكتاب ناطق أو سنة ماضية»(11).
Telah berkata pula Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma kepada Jabir bin Zaid, “Wahai Jabir, sesungguhnya Engkau termasuk orang-orang faqihnya penduduk Bashrah. Engkau akan memberikan fatwa untuk mereka. Maka janganlah sekali-kali engkau berfatwa kecuali dengan kitabullah dan sunnah Nabi ﷺ”. [11]
وروي أن رجلًا جاء إلى الشَّعْبي يسأله عن شيء، فقال: «كان ابن مسعود يقول فيه كذا وكذا». قال أخبرني أنت برأيك. فقال: «أَلَا تعجبون من هذا؟ أخبرته عن ابن مسعود ويسألني عن رأيي!»(12).
Diriwayatkan bahwa ada seseorang datang kepada As Sya'bi dan bertanya padanya tentang sesuatu, lalu beliau menjawab, “Adalah Ibnu Mas’ud berkata seperti ini dan seperti ini”.Lalu orang itu berkata, “Sampaikan padaku jawabannya dengan pendapatmu”. Lalu As Sya'bi berkata, “Apakah kalian tidak heran dengan orang ini? Aku jawab dengan perkataan Ibnu Mas’ud lalu dia bertanya tentang pendapatku?”. [12]
وسئل مرةً عن شيء، فلم يكن عنده فيه شيء، فقيل له: قل برأيك. قال : «وما تصنع برأيي! بُلْ على رأيي»(13).
Pernah beliau ditanya tentang sesuatu, dan beliau tidak tahu jawabannya. Lalu dikatakan padanya, “Jawablah dengan pendapatmu!”. Lalu beliau berkata, “Apa yang bisa diperbuat oleh pendapatku? Lebih baik kencingi saja pendapatku!”. [13]
وقال: «ما حدَّثوك عن أصحاب رسول الله فخُذْ به، وما قالوا فيه برأيهم فبُلْ عليه»(14).
Beliau pernah berkata pula, “Apa yang mereka katakan dari para sahabat Nabi ﷺ maka ambillah. Dan apapun yang mereka katakan berdasarkan pendapat mereka, maka kencingilah pendapat itu”. [14]
وقال عاصم الأحول: كنت عند ابن سيرين، فدخل عليه رجل، فقال: يا أبا بكر، ما تقول في كذا؟ قال: «ما أحفظ فيها شيئًا». فقلنا له: فقل فيها برأيك. قال: «أقول فيها برأيي، ثم أرجع عن ذلك الرأي، لا والله»(15).
‘Ashim al Ahwal berkata, “Aku pernah bersama Ibnu Sirrin, lalu seseorang datang padanya dan berakata, “Wahai Abu Bakr, apa pendapatmu tentang hal ini?”. Ibnu Sirrin menjawab, “Aku tidak mengafal satu atsar pun tentang hal itu”. Maka orang itu berkata padanya, “Kalau begitu, katakanlah dengan pendapatmu”. Lalu beliau berkata, “Aku berkata dengan pendapatku, lalu aku jadikan rujukan? Tidak akan ku lakukan, demi Allah!”. [15]
وسأل رجلٌ سعيدَ بن جُبير عن آية من كتاب الله عز وجل، فقال له سعيد: «الله أعلم». فقال له الرجل: قل فيها أصلحك الله برأيك. فقال: «أقول في كتاب الله برأيي؟!»(16).
Seseorang bertanya kepada Sa'id bin Jubair tentang suatu ayat dari kitabullah ‘azza wajalla. Kemudian Sa'id berkata padanya, “Allah Ta'ala yang lebih tahu”. Orang itu berkata, “Jawablah dengan pendapatmu, semoga Allah Ta'ala membenarkanmu”. Beliau berkata, “Aku berkata tentang kitabullah dengan pendapatku?”. [16]
وسُئل عطاء عن شيء، فقال: «لا أدري». فقيل له: قل فيها برأيك. قال: «إني لأستحي من الله أن يُدان في أرضه برأيي»(17).
‘Atha’ ditanya tentang satu hal, dan beliau menjawab, “Aku tidak tahu”. Lalu dikatakan padanya, “Jawablah dengan pendapatmu”. Beliau berkata, “Sesungguhnya aku malu kepada Allah, bila agamaNya di muka bumi ini dibentuk karena pendapatku”. [17]
ومثله عن قتادة قال: «لا أدري». فقيل: قل فيها برأيك. فقال: «ما قلتُ برأي منذ (ثلاثين) أربعين سنةً»(18).
Qatadah juga pernah ditanya, dan beliau menjawab, “Aku tidak tahu”. Lalu dikatakan padanya, “Katakanlah dengan pendapatmu”. Beliau menjawab, “Aku tidak pernah berkata dengan pendapatku sejak empat puluh tahun (atau tiga puluh tahun)”. [18]
Oleh karena itu perkataan mereka, ‘Aku tidak tahu’, atau ‘Aku tidak hafal satu pun atsar tentang hal itu’, dan lain perkataan yang semisal, adalah makna dari perkataan Ibnu Umar radhiyallahu ‘ahuma, “Ilmu itu ada tiga, kitab yang berbicara (Al Qur’an), sunnah Nabi ﷺ, dan perkataan ‘Aku tidak tahu”.
والله أعلم وأحكم
Posting Komentar untuk "Katakan Saja Tidak Tahu maka Kau Selamat"