Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Remaja 411 Cilungup Duren Sawit Gelar Maulud Agung Nabi Shollallaahu Alaihi Wasallam

WargaNU.com - Maulud Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Agung Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam yang bertepatan pada 12 Rabiul Awal tahun Hijriyah. Perayaan maulud ini merupakan sebuah tradisi yang dicetus oleh Raja Irbil untuk memberikan semangat mencintai Rosulullah Shollallaahu Alaihi Wasallam. 

Sehingga masyarakat Raja Irbil bersemangat untuk memperingati hari kegembiraan atas lahir Nabi Agung Muhammad Shallallaahu Alihi Wasallam. Kegiatan Maulud Nabi ini diisi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran, tahlilan, Doa bersama, dan juga Mauidhoh Hasanah tentang sejarah atas kelahiran Nabi Agung Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam.

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dengan adanya kegiatan Maulud Nabi ini, diantaranya adalah menjadikan masyarakat lebih mengenal tentang pribadi Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wasallam dan juga meneladani Beliau, dan juga perjuangan Nabi dalam menegakkan Agama Islam dengan gigih dan berkorban segalanya demi kemajuan Agam Islam serta kebaikan umatnya dan juga generasi-generasi berikutnya agar selamat dunia akhirat.

Maulud Agung Nabi merupakan bentuk dan cara untuk mengenal Rosulullah Shallallaahu Alaihi Wasallam dan juga lebih mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala karena di dalamnya terdapat amalan-amalan yang tidak melanggar syariat yang sudah ditetapkan oleh Nabi Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam.

Peringatan Maulud Agung Nabi Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam ini juga dibarengi dengan santunan Yatim Piatu dan dhuafa yang diselenggarakan oleh para remaja 411 yaitu gabungan perkumpulan remaja RT (Rukun Tetangga/Warga) 04 dan 011 bertepatan hari Rabu, 17 November 2021. Acara peringatan Maulud Agung Nabi ini bertempat di lokasi Jl lingkungan RT: 011 RW: 010 Kec: Duren Sawit, Jakarta timur. 

Peringatan Maulud Agung Nabi ini dihadiri oleh segenap para tokoh Masyarakat dan tokoh Agama setempat, diantaranya yang hadir adalah Santi Nur Rifiandini, Kepala Kelurahan Duren Sawit, Ustadz Drs. Muhammad Sa’ie, juga Ustadz Badruzzaman, SH, S.Pd.I, dan para ustad lainnya seperti Ustadz Muhammad Hatta, SHI, juga hadir penceramah Dai Muda Sahabat Uje, Ust. Faisal Arifin atau yg dikenal UsFai. Jamaah yang hadir di Acara maulud Agung Nabi ini kurang lebih 300 orang jamaah dan berlangsung secara khidmah dan aman, lancar serta penuh antusias nan semarak.

Acara Maulud Agung Nabi disambut baik oleh Ketua RT setempat, Abdul Latif, SHI, dan dalam sambutannya mengatakan bahwa acara maulud ini digagas oleh perkumpulan remaja 411 yang ingin lingkungannya berkumandang suara dzikir tahlil, maulud dan juga Sholawat Nabi. Pak RT mengaku senang dengan berucap Alhamdulillah, dengan segala kegigihan panitia dan juga dukungan dari berbagai pihak, acara maulud Agung Nabi ini dapat terlaksana dengan dihadiri ratusan jama’ah yang lebih dari target awal dari panitia. 

Acara maulud Agung Nabi ini juga disambut oleh Perwakilan dari pengurus MWC NU Duren Sawit, Ustadz Abdul Latif S.HI., dan juga pembina dari Kegiatan Remaja 411 Cilungup Duren Sawit.

Mauidhoh hasanah disampaikan oleh Dai kondang UsFai, yang menjelaskan bahwa sebenarnya acara maulud ini mempunyai pesan kepada para hadirin dan jamaah agar dapat mengambil suri tauladan dari Nabi Agung Muhammad Shollallaahu Alaihi Wasallam. Diantaranya adalah dapat meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah dan apa-apa yang datang dari beliau. Termasuk mencintai ilmu agama dengan mempelajari ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah sebagaimana yang diajarkan Rosulullah Shollallaahu Alaihi Wasallam. Salah satu bentuknya adalah dengan memperkuat pemahaman ilmu agama dengan pondasi agama yaitu akidah Ahlussunnah Wal Jamaah yaitu meyakini bahwa Allaah Ada Tanpa Tempat dan Tanpa Arah. Selain itu, acara ini juga sebagai ajang dan memperkuat tali silaturahmi antar warga.

Acara Maulud Agung Nabi ditutup dengan do’a oleh ustadz H. Ahyatullah pada pkl 23.30 WIB, dan kemudian acara ramah tamah pun diselenggarakan untuk para tamu undangan yang sudah disediakan oleh panitia dengan tertib. 

Posting Komentar untuk "Remaja 411 Cilungup Duren Sawit Gelar Maulud Agung Nabi Shollallaahu Alaihi Wasallam"