Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ziarah Makam Syaikh Quro Karawang, Ganjar Pranowo Lawat

KARAWANG – Calon presiden 2024 Ganjar Pranowo berziarah ke makam Syaikh Quro di komplek Masjid Agung Karawang, Jumat (15/12/2023). Berdasarkan catatan, Syaikh Quro memiliki peran penting dalam sejarah penyebaran Islam di Karawang pada abad ke-14. 


Masyarakat Karawang meyakini, pada abad ke-14 Syaikh Quro datang bersama para santrinya, yakni Syaikh Abdul Rohman, Syaikh Maulana Madzkur, dan Nyai Subang Larang, ke Pulau Jawa.

Mereka datang dengan menumpang kapal yang dipimpin Laksamana Cheng Ho yang sedang dalam perjalanan menuju Majapahit. Dalam pelayaran itu, armada Cheng Ho mendarat di Pura Karawang. 

Syaikh Quro beserta para santrinya pun turun di Karawang dan menetap di sana. Selama di Karawang, ia menyebarkan agama Islam dengan mendirikan Pondok Pesantren bernama Pondok Quro yang artinya tempat untuk belajar Alquran, pada 1418 M. Syaikh Quro wafat dimakamkan di Kampung Pulo Bata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang. 

Ganjar Pranowo yang tengah melakukan lawatan di Karawang, singgah dan berziarah ke makam Syaikh Quro usai menjalankan sholat Jum'at. Pengurus Masjid Agung Syaikh Quro Karawang, H Ceceng Syarif Husain mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan Ganjar sekaligus berziarah ke makam leluhur. 


"Kami senang karena Pak Ganjar, salah satu capres bisa bersilaturahmi. Tadi shalat Jum'at berjamaah dan juga berziarah ke makam Syaikh Quro yang berada di komplek masjid ini," katanya. 

Menurutnya, kehadiran mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menunjukkan bahwa Ganjar adalah sosok yang taat agama dan menghormati ulama, terutama leluhur. 

"Iya beliau orang yang taat agama. Dan beliau punya kepedulian terhadap para leluhur," tandasnya.

Posting Komentar untuk "Ziarah Makam Syaikh Quro Karawang, Ganjar Pranowo Lawat"